Teori Warna pada Penyusunan Desain atau Web Desain

teori-warna-pada- penyusunan- desain-atau-web-desain

Masih tetep berkunjung ke Muchtar Dynasty Tech ya…?

Artikel kali ini akan membahas materi yang cukup unik. Ketika Anda ingin bergelut di dunia Desain atau Web Desain. Fondasi awal pemahaman Anda adalah mengetahui teori warna. Teori Warna ini adalah pembahasan yang ringan dan ga harus menghapal istilah – istilah aneh. Cukup Anda baca secara rutin maksud dari setiap warna yang akan kita gunakan untuk membuat desain atau web desain.

Sebagaimana kita ketahui bahwa sebuah Desain atau Web Desain akan selalu melibatkan warna pada implementasinya. Maka dari itu, pemahaman pada teori warna ini sangat penting untuk dimiliki. So, tanpa perlu berlama – lama langsung aja baca semua teori warna yang Saya sajikan dibawah.

  1. Warna MERAH

Warna yang paling emosional dan cenderung ekstrem. Menyimbolkan agresivitas, keberanian, semangat, percaya diri, gairah, kekuatan, dan vitalitas.

2. Warna PINK

Warna yang disukai banyak wanita ini menyiratkan sesuatu yang lembut dan menenangkan, cinta, kasih sayang, dan feminin.

3. Warna BIRU

Tidak bisa lepas dari elemen langit, air, dan udara, berasosiasi dengan alam, melambangkan keharmonisan, memberi kesan lapang, kesetiaan, ketenangan, sensitif, dan kepercayaan.

4. Warna KUNING

Meningkatkan konsentrasi, warna ini menyimbolkan warna persahabatan, optimisme, santai, gembira, harapan, toleran, menonjol, dan eksentrik.

5. Warna HIJAU

Melambangkan Alam, kehidupan, dan simbol fertilitas, sehat, serta natural.

6. Warna ORANYE

Melambangkan sosialisasi, keceriaan, kehangatan, segar, semangat, keseimbangan, dan energi.

7. Warna UNGU

Memberi kesan spiritual yang magis, mistis, misterius, dan mampu menarik perhatian, kekayaan, dan kebangsawanan.

8. Warna COKLAT

Merupakan warna netral yang natural, hangat, membumi dan stabil, menghadirkan kenyamanan, memberi kesan anggun, kesejahteraan, dan elegan.

9. Warna ABU-ABU

Melambangkan kesederhanaan, intelek, futuristik, dan millenium.

10. Warna HITAM

Warna yang kuat dan penuh percaya diri, penuh perlindungan, maskulin, elegan, dramatis, dan misterius.

 

Dan selain teori warna diatas. Ada satu teori warna yang sangat terkenal dikalangan desainer ataupun web desainer yakni Teori BREWSTER. Berikut pemaparan teorinya.

Teori BREWSTER:

  1. Warna PRIMER

Merupakan warna dasar yang bukan campuran dari warna – warna lain. Warna yang termasuk dalam golongan warna primer adalah Merah, Biru, dan Kuning.

2. Warna SEKUNDER

Merupakan hasil pencampuran warna – warna primer dengan proporsi 1:1. Misalnya Jingga merupakan hasil campuran warna merah dengan kuning, hijau adalah campuran biru dan kuning, dan ungu adalah campuran dari merah dan biru.

3. Warna TERSIER

Merupakan campuran salah satu warna primer dengan salah satu warna sekunder. Misal, warna jingga kekuningan didapat dari pencampuran warna kuning dan jingga. Warna coklat merupakan campuran dari ketiga warna, yakni merah, kuning, dan biru.

4. Warna NETRAL

Merupakan hasil campuran ketiga warna dasar dalam proporsi 1:1:1. Warna ini sering muncul sebagai penyeimbang warna – warna kontras di alam. Biasanya hasil campuran yang tepat akan menuju hitam.