Kesalahan ini membuat Web WordPress Anda Kurang Optimal

kesalahan-ini-membuat-web- wordpress-anda- kurang-optimal

Hello semuanya.

Tetap setia untuk selalu menyimak informasi mengenai dunia IT khususnya dunia Web di Muchtar Dynasty Tech. Pada kali ini, Saya ingin menyampaikan sajian ringan mengenai kesalahan – kesalahan ketika Anda memiliki website berbasis wordpress yang mengakibatkan website Anda kurang optimal. Karena info ini terbilang umum, tapi masih layak untuk disampaikan kepada Anda untuk menambah wawasan serta meningkatkan performa web wordpress Anda. Silakan lanjutkan membaca.

Seringkali kita merasa bahwa setelah membuat web wordpress kita menjadi live di dunia maya, kita lantas meninggalkannya tanpa memikirkan nasib didalam web nya. Layaknya memiliki sebuah rumah tetapi rumah tersebut tidak kita rawat dan dibersihkan. Make any sense, right ?

Beberapa kesalahan ini sering dijumpai pada setiap website yang tersebar di Google. Dan kali ini Saya akan memaparkannya satu per satu dan akan memberitahukan seberapa pentingnya poin perbaikan ini. Yuk, kita SIMAK.

 

Pertama. Tameng web pertama adalah memasang plugin Back Up ! (98% penting)

Kegiatan back up sudah merupakan hal yang wajib Anda prioritaskan. Karena apa ? tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menyelamatkan semua data dan database web Anda. Bayangkan, jika web Anda kena hack ataupun virus dan menghilangkan semua data dan database. Bakalan repot jika Anda tidak memiliki file back up – an nya. Anda mesti mengulang proses konfigurasi web dari awal. Fiuhh. merepotkan banget.

Maka dari itu, Anda harus menginstalkan setidaknya 1 buah plugin wordpress untuk back up. Beberapa plugin ini rekomendasi dari Saya. Silakan pilih salah satu.

  1. BackupBuddy

BackupBuddy ini masih satu produk dengan plugin itheme security (plugin untuk melindungi theme wordpress), hanya saja plugin ini berbayar dan tidak menyediakan versi gratisnya. Jika ingin mencoba fitur BackupBuddy, maka Anda mesti merogoh kocek uang untuk membelinya. Tapi tenang saja, plugin berbayar tidak akan terlalu mengecewakan seperti kita hendak menggunakan versi gratis. BackupBuddy menyediakan beberapa fitur seperti : melakukan back up website secara keseluruhan, back up otomatis sesuai jadwal yang diatur, mengembalikan back up wordpress secara off-site, dan fitur restore web wordpress Anda.

2. UpdraftPlus

Plugin ini  yang Saya pakai untuk blog Muchtar Dynasty Tech ini. UpdraftPlus termasuk plugin yang lumayan keren untuk fitur back up nya. Diperkaya dengan fitur transfer penyimpanan cloud ke Dropbox, Google Drive, dll. Selain itu, plugin ini sudah dipakai diberbagai situs WordPress sebanyak ribuan lebih. Keren kan. Sebenarnya UpdraftPlus ini menyediakan fitur premium yang memperkaya fitur back up nya. Berikut ini fitur premium yang diberikan oleh UpdraftPlus : Fitur untuk menduplikasi dan memigrasi web wordpress kita, multi situs, Back up secara remote (jarak jauh), dan gratis support dari para expert.

3. Vaultpress

Plugin selanjutnya tak kalah bagus dengan plugin sebelumnya. Yup, Vaultpress menyediakan segudang fitur gratis untuk keperluan back up. Hampir sama dengan UpdraftPlus, Vaultpress menyediakan fitur Premium dan Professional jika Anda ingin merasakan fitur yang lebih bagus lagi. Secara umum, Vaultpress memiliki fitur: Back up harian, restore sekali klik, statistik, dan lainnya. Untuk fitur Premium dan Profesional, fitur yang ditambah adalah perlindungan dari serangan malware dan sejenisnya serta pencegahan serangan yang dapat diatur secara otomatis.

4. BackupWordpress

 

5. BackWPup

 

Kedua. Hosting ibarat Tanah/Rumah. Pilihlah sebaik mungkin dan jangan memilih yang rentan dan rapuh. (100% penting)

Berikutnya adalah hosting, hosting ibarat rumah beserta tanah tempat kita tinggal. Bedanya adalah hosting ini ditempati oleh file – file wordpress. Maka, pemilihan serta kelebihan hosting ini mesti kita perhatikan karena apabila Anda salah memilih hosting, akan berdampak pada performa akses si website yang telah dibangun. Apalagi jika web Anda memiliki trafik kunjungan yang sangat tinggi. Bisa – bisa pengunjung web Anda akan mulai menjauh dan tidak lagi mengakses web Anda. Sangat merugikan, bukan ?

Saya akan berikan satu hosting yang lumayan untuk direkomendasikan. Yaitu Exabytes. Silakan Anda kunjungi link website. Anda pasti bertanya. Kenapa Exabytes ? Mari Saya bahas.

 

Ketiga. Anda membutuhkan sebuah sistem Cache/Caching. (70% penting)

 

Keempat. Gambar juga harus dikompres ukurannya Lho! (85% penting)

Gambar menjadi salah satu penyebab lambatnya load dari web Anda. Maka dari itu, Anda mesti mengkompresi ukuran file mereka. Sebelum ke plugin WordPress, Anda juga bisa mengkompres gambar yang ada di komputer sebelum di upload ke host dengan bantuan tool TinyPNG dan JPEGmini. Tenang koq, semua tool tersebut GRATIS. 🙂

 

Kelima. Jangan fokus ke desain. Atur juga manajemen link web Anda. Hindari memunculkan 404 error dan kawan – kawannya. (60% penting)

 

Keenam. Perangi SPAM !!! (75% penting)

Cara menangkal serangan Spam adalah mengatur settingan Komentar di menu Settings > Discussion lalu scroll kebawah dan centang pengaturan “Comment must be manually approved”.

 

Ketujuh. JANGAN pakai Username “admin”. Itu sudah Mainstream. (90% penting)

Jika Anda mengalami ini, jangan khawatir. Anda tinggal membuat akun baru yang berfungsi sebagai admin juga. Begini caranya. Pilih menu Users > Add New.

 

Kedelapan. Pakai Plugin WordPress yang menjaga dari Serangan Virus dan Hacker! (80% penting)

 

Kesembilan. Sekali lagi, Hindari memakai Password yang Lemah dan Mudah Ditebak. (100% penting)

 

Kesepuluh. Anda masih memakai permalink standar. Hmmm. (40% penting)

Anda hanya perlu datang ke menu Settings > Permalinks.

 

Kesebelas. Tolong, jangan halangi Search Engine seperti Google mengunjungi Web Anda. (100& penting)

Coba periksa ke menu Settings > Reading dan scroll kebawah dan lihat apakah pengaturan “discourage search engine” tercentang atau tidak. Jika tidak, maka bersyukurlah Anda.

 

Keduabelas. Jangan abaikan SEO. Jurus itu penting untuk kelangsungan hidup Web WordPress Anda. (99% penting)